Saturday , October 20 2018
Home / general / Warkina, Inisiator Gerakan Sadar Baca Meraih Penghargaan dari PNRI

Warkina, Inisiator Gerakan Sadar Baca Meraih Penghargaan dari PNRI

Foto: Dokumen Pribadi Warkina

Cirebon (wartacirebon.com) – Pria asal daerah Desa Suranenggala, Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon, Warkina tengah berbahagia. Sebab, ia mendapatkan penghargaan Nugraha Jasadarma Pitaloka dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI).

Penghargaan dari PNRI kepada Warkina tak lain sebagai bentuk apresiasi atas pengabdiannya sebagai Inisiator Gerakan Sadar Baca “Pado Maco” di desanya. Warkina pun tak pernah menyangka akan raih penghargaan ini.

Saat ini, Warkina yang merupakan guru honor SMPN 2 Suraneggala, Kabupaten Cirebon sudah memiliki taman baca di rumahnya dan perpustakaan keliling menggunakan mobil hasil dari bekerja tambahan.

“Alhamdulillah PNRI pada Jumat (7/9/2018) memberikan perhatian dengan memberikan penghargaan kepada gerakan Pado Maco,” kata Warkina kepada sejumlah wartawan di rumahnya.

Warkina menyampaikan terima kasih kepada PNRI yang telah memberikan apresiasi. Dengan penghargaan itu, lanjut Warkina jadi cambuk untuk tetap semangat menyuarakan gerakan sadar baca di Kabupaten Cirebon.

Membaca, menurutnya, sebuah kewajiban bagi setiap anak yang ingin memiliki masa depan lebih baik. Budaya membaca harus dimulai sejak usia dini, agar kebiasaan membaca akan terus dilakukan hingga dewasa nanti.

“Dari membaca kebodohan dan kemiskinan bisa dilawan. Mudah – mudahan dengan penghargaan yang sudah didapat dari Perpustakaan Nasional, akan menggerakkan hati Pemda Kabupaten Cirebon untuk memberikan perhatian lebih,” harapannya. (MGN)

About redaksi

Check Also

Kang Hero Gelar Sosialisasi JKN, Rektor: Sejarah Baru Bagi Bunga Bangsa Cirebon

Cirebon (wartacirebon.com) – Suasana Kampus Institut Agama Islam (IAI) Bunga Bangsa Cirebon (BBC) berbeda, Senin ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *