Tuesday , December 11 2018
Home / Hukum / Kanim Kelas II Cirebon Deportasi Tiga WNA yang Menyalahgunakan Visa

Kanim Kelas II Cirebon Deportasi Tiga WNA yang Menyalahgunakan Visa

Cirebon (wartacirebon.com) – Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas II Cirebon mendeportasi tiga Warga Negara Asing (WNA) asal Vietnam dan Prancis. Mereka dideportasi karena telah terbukti menyalahgunakan visa atau izin tinggal.

Adalah PXT (33 tahun) dan HT (25 tahun) asal Vietnam, serta NNT (21 tahun) asal Prancis, ketiga WNA tersebut. Mereka bekerja di salah satu pabrik di Jalan Buyut, Kota Cirebon.

Kepala Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas II Cirebon, Muhammad Tito Adrianto melalui Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian, Arfa Yudha Indriawan mengatakan ketiga WNA dideportasi, Jumat, 28 September 2018.

Namun, kata Arfa, malam ini, Kamis, 27 September 2018, jajarannya membawa ketiga WNA ke Bandara Soekarno Hatta (Soetta). Besok jam 04.00 wib, PXT dan HT dideportasi ke Vietnam, dan NNT jam 09.00 wib dideportasi ke Prancis.

Arfa menjelaskan ketiga WNA baru sekali datang ke Cirebon dan bekerja sebagai teknisi. Masyarakat yang curiga kemudian melapor kepada Imigrasi. Kanim Kelas II Cirebon mengamankan ketiganya, Jumat, 21 September 2018.

“Ketiga WNA tersebut diamankan dan dideportasi karena menyalahgunakan visa atau izin tinggal,” kata Arfa, Kamis, 27 September 2018. Ketiganya dijerat dengan Pasal 75 ayat (1) UU RI Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

Masyarakat, kata Arfa agar melapor bila menemukan WNA berada di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas II Cirebon yang diduga melanggar atau tidak sesuai dengan prosedur perundang-undangan keimigrasian. (MGN)

About redaksi

Check Also

Mencuri Laptop di SMPN 2 Sindang Terekam CCTV, Oknum Wartawan Diciduk Polisi

Indramayu (wartacirebon.com) – Oknum wartawan asal Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, SS diamankan Unit Reskrim Polsek ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *