Tuesday , December 11 2018
Home / general / Pesawat JT610 Jatuh, Dosen UMC: Berita Duka untuk Seluruh Komponen Bangsa!

Pesawat JT610 Jatuh, Dosen UMC: Berita Duka untuk Seluruh Komponen Bangsa!

Cirebon (wartacirebon.com) – Industri penerbangan di Indonesia kini kena pukulan telak. Penyebabnya, adalah, jatuhnya pesawat Lion Air JT610 di Perairan Karawang, Jawa Barat, pada Senin, 29 Oktober 2018, pagi.

Yah, pesawat Boing 737 MAX8 tersebut kondisinya masih baru. Baru keluar Juli 2018 dan beroperasi Agustus 2018 atau dipergunakan sekitar 2 bulanan lebih. Saat jatuh, pesawat ini mengangkut penumpang sebanyak 181 orang.

Pengamat Penerbangan sekaligus Dosen Ilmu Transportasi Udara Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC), Anton Octavianto mengatakan jatuhnya pesawat Lion Air sangat memukul industri penerbangan.

Pukulan tersebut, lanjut Anton, karena industri penerbangan sedang berusaha agar zero accident atau nihil kecelakaan. “Tentunya, berita duka untuk seluruh komponen bangsa,” kata Anton kepada sejumlah wartawan di Kabupaten Cirebon, Selasa (30/10/2018).

Anton menjelaskan pesawat ini produk unggulan boing, selain mesin 40 persen kedap suara, lebih handal, juga lebih irit bahan bakar. “Penggunaan pesawat ini dirute di Indonesia termasuk prestasi bagi Lion Air,” kata Anton.

Kejadian kemarin, lanjut Anton di luar dugaan sekali, tidak ada yang bisa prediksi akan ada kecelakaan. “Karena takdir yang di atas, gusti Allah, sehingga tak bisa menghindar (takdir dari Allah SWT),” kata Anton.

Anton yakin pemerintah akan lebih ketat dalam mengeluarkan regulasi. Meski sebenarnya, perhatian pemerintah terhadap industri penerbangan ada peningkatan dari tahun ke tahun dibandingkan pada sebelumnya.

“Penyebab jatuhnya pesawat akan diketahui setelah ditemukan black box,” katanya. Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), lanjut Anton sedang melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebabnya. (Jhn/mgn)

About redaksi

Check Also

Dinilai Sukses Kembangkan PLTU Ramah Lingkungan, Cirebon Power Raih Dua Penghargaan

  Jakarta (wartacirebon.com) – Konsorsium Pembangkit listrik Cirebon Power dinilai sukses mengembangkan Pembangkit Listrik Tenaga ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *