Saturday , August 8 2020
Home / Ekonomi / Belajar Budidaya Tanaman Pangan, Siswa SMAN 1 Purwadadi Didorong Jadi Pengusaha Sukses

Belajar Budidaya Tanaman Pangan, Siswa SMAN 1 Purwadadi Didorong Jadi Pengusaha Sukses

Guru Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan SMAN 1 Purwadadi, Maria Silvia Rahman, S.Pd bersama para siswa saat panen tanaman pangan di sekolahnya, Jumat, 9 November 2018. (Ist)

Subang (wartacirebon.com) –  Wajah bahagia tampak dari sejumlah siswa kelas X Mipa 1 Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Purwadadi, Kabupaten Subang, Jumat (9/11/2018). Mereka bahagia karena panen sayuran yang mereka tanam di dekat kelasnya.

Yah, sayuran yang dipanen merupakan hasil budidaya tanaman pangan yang tak lain program dari mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Tanaman yang dibudidayakan para siswa seperti kangkung, bayam, tomat dan cabe.

Guru Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan SMAN 1 Purwadadi, Maria Silvia Rahman, S.Pd mengatakan latar belakang dari budidaya tanaman pangan karena anak-anak Zaman Now kebanyakan awam masalah bertani.

Sehingga, kata lulusan UPI Bandung ini, perlu pengetahuan bagi para siswa dalam budidaya tanaman pangan. Minimalnya, anak-anak tahu bagaimana cara membudidayakan tanaman yang mereka anggap sepele.

“Kita banyak mengkonsumsi makanan hasil budidaya petani. Kebanyakan anak sekarang gengsi jadi petani. Padahal, petani juga seorang pengusaha. Mereka sebagai salah satu pelaku prakarya dan kewirausahaan pada aspek budidaya,” kata Maria, Jumat (9/11/2018).

Wanita kelahiran 30 Maret 1988 ini menambahkan dari kegiatan budidaya tanaman pangan ini diharapkan para siswa belajar menghargai hasil budidaya para petani.

Dalam budidaya tanaman pangan ini, kata Maria siswa tiap kelas dibuat kelompok-kelompok. Tiap kelas tanamannya ada yang sama dan ada yang beda.

“Jenis tanaman pangannya sayur yang mudah ditanam dan jangka waktu panennya singkat,” kata Maria.

Hasilnya, lanjut wanita cantik berkerudung ini, minimal dikonsumsi anggota kelompoknya dan maksimal bisa dijual.

“Tapi karena ini proses belajar ya minimal mereka tahu tahap-tahap budidaya tanaman pangan secara umum,” tegas Maria.

Maria menyebutkan budidaya tanaman pangan ini selain bagian dari mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan, juga program SMAN 1 Purwadadi menuju sekolah Adiwiyata.

Mata pelajaran (mapel) Prakarya dan Kewirausahaan, tambah Maria melatih dan memfasilitasi anak untuk mencipta dan mengembangkan karya yang dapat bermanfaat, salah satunya budidaya tanaman pangan.

“Ruang lingkupnya luas ada aspek budidaya, rekayasa, pengolahan dan kerajinan. Daerah kita banyak lahan yang mulai tidak terpakai, sehingga kita memilih budidaya tanaman pangan,” tutup Maria. (rls/mgn)

About redaksi

Check Also

Kapolres, Dandim dan Sekda Beri Bantuan ke Ponpes Tangguh Nurul Hidayah

MAJALENGKA (wartacirebon.com) – Kapolres Majalengka AKBP Bismo Teguh Prakoso didampingi Dandim 0617/Majalengka Letkol Harry Subarkah, Sekda Kabupaten ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *