Saturday , August 8 2020
Home / Politik / Dijerat UU ITE, Dave Sayangkan MA Vonis Bersalah Korban Pelecehan Seksual

Dijerat UU ITE, Dave Sayangkan MA Vonis Bersalah Korban Pelecehan Seksual


Cirebon (wartacirebon.com) – Komisi I DPR RI menyayangkan korban pelecehan seksual, Baiq Nuril divonis bersalah oleh Mahkamah Agung (MA) dengan dijerat Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

“Undang-undang ITE dibuat untuk melindungi korban,” kata anggota Komisi I DPR RI, Dave AF Laksono saat Diskusi Publik dengan tema Jalin Keberagaman untuk Indonesia Maju, di Kota Cirebon, Jumat (16/11/2018).

Sayangnya, lanjut anak dari Agung Laksono ini, malah ada honorer di sebuah SMA di Mataram divonis bersalah oleh MA. Padahal, korban merekam percakapan sebagai bukti adanya pelecehan seksual.

Dave menyebutkan korban rekaman percakapannya dengan pelaku. Rekan korban yang menyebarkan. Namun, malah korban yang dilaporkan ke polisi oleh pelaku. Akhirnya, diproses hukum hingga Mahkamah Agung (MA).

Baiq Nuril divonis 6 bulan penjara dan denda Rp500 juta. “Bukannya korban dapat perlindungan hukum, malah dihukum. MA harus melakukan reformasi di dalam Peradilan,” desak politisi asal Partai Golkar tersebut.

Dave begitu menyayangkan MA malah menghukum perempuan. Sebab, UU ITE untuk melindungi korban hoaks, dan harusnya pelaku dipidanakan. “Dengan adanya UU ITE, masyarakat harus dilindungi bukan terancam,” tegasnya.

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Cirebon ini menggelar diskusi publik berkerja sama dengan Kominfo RI. Tampak hadir pula, Gun Gun Siswandi, Staff Ahli Menkominfo Bidang Komunikasi dan Media Massa. (MGN)

About redaksi

Check Also

DMI Tegaskan Pemilu Aman dan Lancar Berkat Kinerja Polres Indramayu

Indramayu (wartacirebon.com) – Dewan Majid Indonesia (DMI) Kabupaten Indramayu menyebutkan pelaksanaan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *