Saturday , June 6 2020
Home / Hukum / Program Desa Bersinar Upaya BNN Berantas Narkoba Hingga Tingkat Desa

Program Desa Bersinar Upaya BNN Berantas Narkoba Hingga Tingkat Desa

Cirebon (wartacirebon.com) – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Barat mencetuskan program Desa Bersinar atau Desa Bersih Narkoba untuk awasi agar tidak ada bandar narkoba dan pemuda desa terjerumus dalam narkoba di Jawa Barat.

“Bila pengawasan di desa atau kelurahan ketat, bandar narkoba tidak akan masuk desa dan pemuda tidak mau menggunakan narkoba karena takut,” kata Kepala BNNP Jawa Barat, Brigadir Jenderal Sufyan Syarif di Kota Cirebon, Selasa (29/1/2019).

Di Jawa Barat, lanjutnya daerah urban atau perubahan dari daerah tradisional ke modern seperti berdirinya industri baru merupakan rawan jadi sasaran narkoba. “Daerah yang jadi tujuan sindikat narkotika adalah Cirebon, Karawang dan Bogor,” katanya.

Dia menyebutkan narkoba adalah pembunuh yang tidak kelihatan. Meski korbannya direhabilitasi namun sindikat narkotika tidak akan melepas. Karena pundi-pundi uang mereka. “Setahun nilai peredaran narkotika di Indonesia mencapai 70 triliun, ” tegasnya.

Dandim 0614/Kota Cirebon, Letkol Inf Heri Rustanto menegaskan orang menggunakan narkoba berarti orang bodoh dan tidak waras, serta punya penghasilan lebih. “Narkoba dianggap obat stres dan menenangkan diri, salah! Kalau stres berdzikir, ” saran Dandim.

Wakil Walikota Cirebon, Eti Herawati mengatakan narkotika sudah sangat menghawatirkan karena masuk ke semua elemen. “Ke depan akan ada penyuluhan tingkat RT dan RW untuk mencegah peredaran narkotika, ” katanya. (MGN)

About redaksi

Check Also

Forkopimda Tinjau Posko Chek Point Antisipasi Pemudik Masuk Wilayah Indramayu

INDRAMAYU (wartacirebon.com) – Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Indramayu laksanakan pengecekan Posko Chek Point di ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *