Monday , September 16 2019
Home / Jabar / Polda Jabar dan Kodam III/Siliwangi Gelar Latihan Gabungan Pengamanan Pemilu

Polda Jabar dan Kodam III/Siliwangi Gelar Latihan Gabungan Pengamanan Pemilu

Kepala Polda Jabar, Irjen Pol Agung Budi Maryoto memberikan sambutan saat latihan gabungan Pengamanan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden di Lapangan Manunggal Brigif 15/Kujang, Jalan Kebon Rumput, Kota Cimahi.

Cimahi (wartacirebon.com) – Polda Jabar dan Kodam III/Siliwangi menggelar latihan Pengamanan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden di Lapangan Manunggal Brigif 15/Kujang, Jalan Kebon Rumput, Kota Cimahi.

Kapolda Jabar, Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengatakan kegiatan ini dilaksanakan guna meningkatkan Sinergitas dan Soliditas TNI Polri serta untuk menambah wawasan, pengetahuan serta keterampilan.

“Secara teknis dan taktis melalui latihan bersama TNI Polri guna menyamakan persepsi, pola pikir, pola sikap, pola tindak secara terpadu, sistematis dan komperhensif bagi para personel,” katanya.

Polda Jabar, lanjutnya telah siap dalam mengamankan Pemilu diwujudkan melalui Asta Siap yaitu Siap Piranti Lunak, Siap Posko, Siap Latihan Pra Operasi, Kondisi Kamtibmas, Sarana Prasarana serta anggaran.

Hal ini, katanya telah dilaksanakan mulai dari tingkat Polda Jabar hingga Satuan kewilayahan dengan melibatkan 22.870 Personel Polri, 10.646 Personel TNI dan 242.455 Linmas yang akan melaksanakan pengamanan di 116.521 TPS.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko menambahkan Latihan Gabungan TNI-Polri ini digelar untuk memastikan kesiapan, sekaligus menangkal segala potensi ancaman yang mungkin terjadi saat Pemilu serta meningkatkan Sinergitas dan Soliditas Jajaran TNI POLRI.

Latihan diikuti oleh Personel dari berbagai Satuan yang berada di lingkungan Kodam III/Siliwangi serta Polda Jawa Barat, serta Instansi Pemerintah seperti Damkar Kota Cimahi dan Satpol PP Kota Cimahi.

Skenario simulasi, katanya di antaranya berkaitan dengan penanganan potensi unjuk rasa, upaya yang dilakukan Tim gabungan dalam pengendalian massa, termasuk dengan menggunakan kendaraan taktis seperti water cannon untuk halau massa.

Selain itu dilakukan upaya pencegahan serta deteksi gangguan keamanan, juga dilaksanakan dengan patroli gabungan Babinsa serta Bhabinkamtibmas. (RLS)

About redaksi

Check Also

Terobos Pintu Perlintasan, Pria 32 Tahun Meninggal Dunia Tertabrak Kereta Api

Cirebon (wartacirebon.com) – Nyawa CS melayang sia-sia, Rabu (30/1/2019) pukul 11.55 wib. Yah, nyawa pria ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *