Monday , April 6 2020
Home / Metro / Peluang Kerja Luas di Luar Negeri Jadi Alasan Hadirkan BNP2TKI Saat Job Fair

Peluang Kerja Luas di Luar Negeri Jadi Alasan Hadirkan BNP2TKI Saat Job Fair

Kepala Disnaker Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya saat pembukaan Job Fair 2019 di CSB Mall, Kota Cirebon, Selasa (26/3/2019).

Cirebon (wartacirebon.com) – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cirebon sengaja mengundang Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) dalam Job Fair 2019 di Cirebon Super Blok (CSB) Mall, Kota Cirebon.

Kepala Disnaker Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya mengaku sengaja mengundang BNP2TKI agar warga Kota Cirebon bisa melakukan lompatan pemikiran dalam mencari pekerjaan karena di luar negeri peluang dapat pekerjaan lebih luas.

“Di saat ruang pekerjaan dalam negeri cukup ketat, ada ruang di luar negeri yang dari segi keamanan dan harapannya juga lebih bagus. Kenapa tidak kita coba lakukan,” kata Agus.

Disnaker, lanjut Agus terus berupaya untuk menurunkan angka pengangguran di Kota Cirebon.

“Kita targetkan bisa turun 8 persen hingga 2023 mendatang,” ungkap Agus.

Walaupun saat ini angka pengangguran di Kota Cirebon berdasarkan data BPS akhir 2018 lalu telah mengalami penurunan dari 9,6 persen menjadi 9,06 persen atau sekitar 10 hingga 11 ribu dari jumlah angkatan kerja 150 ribu.

Ada pun upaya dilakukan untuk menekan pengangguran tersebut dimulai dari mobile training unit, yaitu mereka berupaya untuk mendekat ke rumah-rumah warga yang saat ini sudah full untuk satu tahun.

Selain itu, lanjutnya ada pelatihan berbasis kompetensi yang saat ini masih tersisa 45 paket dengan jumlah pendaftar 500 orang baik online maupun offline.

“Ada 11 bidang pelatihan yang kita gelar, mulai dari IT, perhotelan, perbengkelan dan lainnya. Free,” jelas Agus. (RLS/MGN)

About redaksi

Check Also

Lanal Cirebon Sosialisasi Penerimaan Prajurit TNI AL ke Sekolah-sekolah

KOTA CIREBON (wartacirebon.com) – Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Cirebon sosialisasi penerimaan prajurit TNI AL kepada ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *