Monday , June 24 2019
Home / Metro / Raih Tiga Kali Berturut-turut, DPRD Minta Pemda Kota Cirebon Pertahankan WTP

Raih Tiga Kali Berturut-turut, DPRD Minta Pemda Kota Cirebon Pertahankan WTP

Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati menghadiri Rapat Paripurna di Gedung DPRD Kota Cirebon, Rabu (12/6/2019).

Cirebon (wartacirebo.com) – Raihan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk Pemerintah Daerah Kota Cirebon dari BPK RI dapat apresiasi dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cirebon. Dewan meminta prestasi dipertahankan pemda.

Hal ini disampaikan Ketua DPRD Kota Cirebon, Edi Suripno saat menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kota Cirebon di Ruang Griya Sawala Gedung DPRD Kota Cirebon, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon Rabu (12/6/2019).

Politisi asal PDI Perjuangan ini mengatakan opini WTP menjadi bukti sudah membaiknya pengelolaan administrasi keuangan di Kota Cirebon.

“Selamat kepada Pemerintah Daerah Kota Cirebon yang meraih opini WTP untuk ketiga kalinya secara berturut-turut. Kami berharap prestasi ini dapat dipertahankan,” ucapnya.

Edi menambahkan agenda rapat paripurna membahas Penyampaian Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (PP APBD) Kota Cirebon tahun 2018. Dalam pembahasan terdapat agenda pemandangan umum terhadap Raperda tentang PP APBD oleh masing-masing fraksi.

“Kami sudah menyampaikan berbagai pandangan termasuk salah satunya harapan Pemerintah Daerah Kota Cirebon meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Peningkatan PAD akan berimbas terhadap meningkatnya kualitas layanan ke masyarakat,” ujar Edi.

Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati mengatakan pandangan fraksi terhadap PP APBD akan menjadi masukan jalannya Pemerintah Daerah Kota Cirebon selanjutnya. Beberapa pandangan akan menjadi catatan untuk meningkatkan pembangunan di Kota Cirebon.

“Berbagai pandangan fraksi akan menjadi catatan kami terutama peningkatan PAD, pembangunan di segala lini dan transparansi. Intinya kami akan melaksanakan dan tentunya menerima berbagai masukan untuk kebaikan Kota Cirebon,” ungkap Eti.

Berbagai langkah, lanjut Eti sudah dipersiapkan dalam upaya peningkatan pajak seperti yang diharapkan beberapa fraksi. Salah satu pelaksanaan yang mendapat respon pemasangan tapping box yang sudah meningkatkan jumlah pendapatan di beberapa restoran.

“Tentu kami akan kembali menata tapping box agar semakin efektif dan berdampak dengan meningkatnya jumlah penerimaan pajak restoran. Kami juga berterima kasih atas respon positif Dewan terhadap prestasi WTP untuk ketiga kalinya,” lanjut Eti.

Eti menambahkan diperoleh opini BPK terhadap laporan keuangan Pemerintah Daerah Kota Cirebon tidak mudah. Dibutuhkan kerja keras dan komitmen dari semua pihak terutama dari SKPD dalam pengelolaan keuangan.

“Kami juga merespon dukungan DPRD sangat besar sehingga selalu bersinergi dalam menyusun APBD. Harapan kami prestasi ini terus dipertahankan,” kata Eti.

Adapun realisasi pelaksanaan APBD tahun 2018 yakni pendapatan RP. 1.422.978.064.983,00 dan realisasi belanja RP. 1.426.054.577.183,00 sehingga masih defisit Rp. 3.076.512.200,00. (RLS)

About redaksi

Check Also

Wali Kota Cirebon Berharap Idul Fitri Menjadi Momentum Merajut Persatuan

Cirebon (wartacirebon.com) – Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis berharap Idul Fitri menjadi momentum untuk kembali ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *