Monday , September 16 2019
Home / Ekonomi / Kawasan Cirebon Bakal Jadi Pusat Ekonomi Jabar, Pemkot Sambut Baik KEK Rebana

Kawasan Cirebon Bakal Jadi Pusat Ekonomi Jabar, Pemkot Sambut Baik KEK Rebana

Kuningan (wartacirebon.com) – Pemerintah Provinsi Jawa Barat optimis pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Cirebon-Patimban-Kertajati atau yang lebih dikenal dengan Rebana mampu menyerap tenaga kerja lima juta orang.

Gubernur Jawa Barat, M. Ridwan Kamil menjelaskan segitiga emas Rebana akan jadi KEK terbesar. Kawasan Rebana akan mencetak sekitar 5 juta tenaga kerja dalam upaya menyejahterakan masyarakat Jabar.

Dengan adanya kawasan Rebana, katanya diperkirakan ekonomi Jabar akan melompat karena akan menyediakan lapangan kerja cukup besar. Kawasan Cirebon akan menjadi lokasi pusat ekonomi bagi masyarakat Jabar.

“Masa depan Jabar nantinya ada di daerah Pantura (Cirebon) dengan Patimban dan Kertajati,” katanya di sela-sela rapat Koordinasi Penyelenggaraan Pemda (Kopdar) Gubernur dengan Bupati dan Wali Kota se Jabar di sebuah hotel di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Kamis (11/7/2019).

Untuk itu, lanjutnya, bantuan diberikan ke seluruh daerah sesuai kebutuhan dan besaran wilayah yang harus dibangun.

“Bantuan ini akan menjadi akselerasi pembangunan bagi seluruh Jabar termasuk Kota Cirebon yang diperkirkan akan mendapatkan sekitar Rp 200 miliar. Bantuan ini merupakan terbesar dari Pemerintah Provinsi Jabar,” pungkasnya.

Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis menegaskan Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon siap menyambut pengembangan KEK Rebana. “Kota Cirebon tentu harus siap menerima perubahan ekonomi ini,” tegas pria biasa disapa Azis.

Sebab, lanjut mantan Ketua DPRD Kota Cirebon tersebut, dampak paling besar juga terjadi termasuk ke wilayah Kota Cirebon yang sudah menetapkan kawasan perdagangan dan pariwisata.

Azis menambahkan kegiatan Kopdar yang mempertemukan Gubernur dengan Bupati dan Wali Kota se Jabar sangatlah bagus dan positif. Karena, Gubernur Jabar memberikan kesempatan untuk menyampaikan program pembangunan daerahnya.

Yang kemudian, lanjutnya nantinya akan diselaraskan pembangunan daerah dengan provinsi Jabar. “Kami tentu akan mendukung dan mewujudkan program Jabar Juara,” tegasnya. (WC-01)

About redaksi

Check Also

Digitalisasi Diharapkan Menumbuhkan Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat

Cirebon (wartacirebon.com) – Sarana dan prasarana di lingkup Jawa, Bali dan Nusa Tenggara (Jabalnusra) diharapkan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *