Monday , September 16 2019
Home / general / Festival Pitulasan Upaya Pemuda Pilangsari Jaga Tradisi dan NKRI

Festival Pitulasan Upaya Pemuda Pilangsari Jaga Tradisi dan NKRI

Warga Desa Pilangsari, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon sedang mengikuti Kirab Budaya dalam rangka Festival Pitulasan, Minggu (18/8/2019).

Cirebon (wartacirebon.com) -Pemerintahan Desa (Pemdes) kerja sama dengan Ikatan Pemuda Pilang Dalam (IPPDA) menggelar pagelaran bertajuk Festival Pitulasan di setiap tahunya.

Kegiatan pelestarian budaya secara regenerasi di Desa Pilangsari, Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon tersebut ditunjukkan saat merayakan hari kemerdekaan Indonesia ke 74.

Salah satu rangkaian kegiatan yang dilakukan yakni kirab budaya. Warga desa membuat berbagai replika hewan atau ogoh – ogoh dalam ukuran besar.

Pembuatan replika hewan itu dilakukan juga sebagai bentuk mengembangkan kreativitas dalam menyalurkan bakat seni dengan dibarengi rasa nasionalisme.

Plt Kepala Desa Pilangsari, Suta mengatakan Kirab budaya sebagai bentuk kekompakan warga dari berbagai usia dan semakin merekatkan tali silaturahmi.

“Dengan adanya silaturahmi ini jelas akan semakin meningkatkan kebersamaan di dalam kehidupan bermasyarakat di Desa Pilangsari,” ucapnya, Minggu (118/8/2019).

Ketua Ikatan Pemuda Pilang Dalem (IPPDA) Aldi Tri Setiawansyah mengatakan dalam rangka HUT RI ingin menanamkan rasa nasionalisme dan kecintaanya kepada NKRI.

“Sesuai tema, SDM Unggul Indonesia Maju, di Festival Pitulasan ini lah semuanya dusun yang ada di Desa Pilangsari bersatu, dan unjuk gigi melalui hasil kreativitas masing – masing,” katanya. (Rls/WC-01)

About redaksi

Check Also

Bawal Cirebon 12,56 Miliar Rupiah Untuk Pemerataan Pembangunan Tingkat RW

Cirebon (wartacirebon.com) – Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon anggarkan 12,56 miliar untuk bantuan hibah Wali ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *