Friday , November 15 2019
Home / general / Bawal Cirebon 12,56 Miliar Rupiah Untuk Pemerataan Pembangunan Tingkat RW

Bawal Cirebon 12,56 Miliar Rupiah Untuk Pemerataan Pembangunan Tingkat RW

Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati menyerahkan secara simbolis Bawal Cirebon di Gedung Korpri, Kota Cirebon, Jawa Barat, Kamis (5/9/2019).

Cirebon (wartacirebon.com) – Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon anggarkan 12,56 miliar untuk bantuan hibah Wali Kota (Bawal) Fisik non fisik RW dan Operasional Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan tahun anggaran (TA) 2019.

Dana sebanyak itu terdiri dari pembangunan fisik dan non fisik RW sebesar Rp 12,45 miliar, dan operasional LPM mencapai Rp 110 juta. Untuk masing-masing RW mendapatkan bawal sebesar Rp50 juta.

Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati mengatakan bawal dalam rangka pemertaaan pembangunan di tingkat RW. Untuk tahun depan, lanjutnya bawal akan tetap diberikan kepada RW. Malah nilainnya lebih besar dibandingkan tahun ini.

“Bentuknya saja yang berbeda, yaitu berupa kegiatan,” jelas Eti Herawati di sela-sela penyerahan bawal Cirebon secara simbolis di Gedung Korpri, Jalan Brigadir Jenderal Darsono, Kota Cirebon, Kamis (5/9/2019).

Maka dari itu, lanjutnya bagi yang belum menyerahkan laporan pertanggungjawaban bawal tahun lalu segera diselesaikan. Bila kesulitan membuat laporannya, bisa minta dibantu lurah dan camat. “Agar bantuan tahun ini segera bisa dicairkan,” tegasnya.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPPA) Kota Cirebon Iing Daiman, menjelaskan bantuan tahun ini tidak bisa dicairkan, jika laporan pertanggungjawaban bantuan pada tahun lalu belum diserahkan.

“Pencairan bantuan tahun ini hanya bisa dilakukan kepada yang sudah membuat laporan pertanggungjawaban. Yang sudah selesai, secara bertahap bantuan akan diberikan,” ungkap Iing.

Sesuai Permendagri No 130 tentang sarana dan prasarana di level kelurahan, eks bawal nantinya akan berupa kegiatan yang ada di kecamatan dan kelurahan. Dengan lurah sebagai kuasa pengguna anggaran (KPA).

“Tahun depan bantuan juga tetap akan diberikan, namun tidak berbentuk fresh money. Pembangunan kita lakukan dengan hati, dengan sehati dan dengan berhati-hati,” pungkas Iing. (WC-01)

About redaksi

Check Also

Kapolres Majalengka Mengajak Generasi Muda Gunakan Media Sosial Untuk Perkokoh Bangsa

MAJALENGKA (wartacirebon.com) – Kapolres Majalengka AKBP Mariyono bersama Pengurus Bhayangkari Cabang Majalengka menghadiri Upacara Hari ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *