Delapan Manfaat Baik Jeruk Nipis untuk Kesehatan Tubuh

oleh -2 views

Sumber : HonestDocs

Medan.top – Jeruk nipis biasanya dijadikan sebagai pelengkap penambah cita rasa pada berbagai makanan dan minuman. Aroma dan rasanya yang kecut serta segar, menjadikannya sebagai salah satu buah yang kaya akan manfaat. Hei tahukah kamu, bila ternyata jeruk nipis memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh loh.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan
Sumber : IDN Times Kaltim

1. Bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jeruk nipis mengandung antioksidan dan vitamin C dengan kadar cukup tinggi, nutrisi ini dapat dapat memperkuat sistem imun tubuh dan membantu tubuh melawan penyakit, seperti flu, pilek, dan lain sebagainya.

Selain itu, vitamin C juga dapat membantu mempercepat pemulihan luka dengan mengurangi peradangan dan merangsang produksi kolagen. Kolagen adalah protein penting yang membantu perbaikan luka.

2. Melancarkan pencernaan

Air jeruk nipis bersifat asam yang dapat membantu air liur (saliva) memecah makanan. Selain itu, kandungan flavonoid dalam air jeruk nipis dapat merangsang pengeluaran enzim-enzim pencernaan.

Nah jika kamu mengalami sembelit, sifat asam dari jeruk nipis dapat merangsang pergerakan usus. Ini sangat membantu sampah makanan di dalam perut terdorong ke bawah lebih mudah. Selain itu, asupan air dari perasan jeruk nipis ini juga bisa membantu kamu mengeluarkan feses lebih lancar.

3. Mencegah batu ginjal

Batu ginjal ialah kristal mineral kecil yang kerap menyakitkan untuk dikeluarkan. Batu ginjal dapat terbentuk di dalam tubuh ketika urin sangat pekat. Penyebab lainnya adalah ketika tubuh memiliki kadar mineral pembentuk batu yang tinggi, seperti kalsium, dalam urin.

Jeruk nipis mengandung asam sitrat tinggi, yang dapat mencegah batu ginjal dengan meningkatkan kadar sitrat dan mengikat mineral pembentuk batu dalam urin.

Satu studi menemukan khasiat jeruk nipis, bahwa orang yang makan lebih banyak buah jeruk memiliki risiko batu ginjal yang jauh lebih rendah.

4. Membantu menurunkan berat badan

Kandungan asam sitrat pada jeruk nipis dapat meningkatkan metabolisme. Hal ini dapat membantu dalam membakar kalori dan menyimpan lebih sedikit lemak. Selain itu, vitamin C dari jeruk nipis ini juga berperan dalam pembakaran lemak dalam tubuh.

5. Menjaga kadar gula darah

Vitamin C yang terkandung dalam jeruk nipis juga sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Orang dengan kondisi ini sangat di haruskan menjaga kadar gulanya agar tetap normal.

Jeruk nipis memiliki kadar gula yang rendah, sehingga bisa mengurangi penyerapan gula ke dalam darah. Alhasil, kadar gula darah di dalam tubuh pun dapat lebih terjaga.

6. Menurunkan risiko kanker

Kanker terjadi ketika ada pertumbuhan sel abnormal yang bisa berkembang di bagian tubuh mana saja, seperti payudara, paru-paru, dan ginjal. Jika di biarkan, sel kanker bisa menyebar ke jaringan lainnya dan membahayakan jiwa.

Nah, minum air jeruk nipis di yakini dapat menurunkan risiko terkena kanker. Ini berkat kandungan antioksidan dalam air jeruk nipis yang akan membantu menjaga fungsi sel, meningkatkan pertahanan sel-sel tubuh dari radikal bebas, dan meningkatkan sistem imun.

7. Mengurangi risiko penyakit jantung

Jeruk nipis merupakan sumber magnesium dan kalium yang berfungsi menjaga kesehatan jantung. Kalium dapat menurunkan tekanan darah secara alami dan melancarkan sirkulasi darah. Hal ini membantu mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

8. Mengatasi penyakit peradangan

Beberapa penyakit inflamasi atau peradangan seperti radang sendi (arthritis), asam urat, dan penyakit sendi lainnya, dapat dikurangi gejalanya dengan mengonsumsi jeruk nipis. Ini lagi-lagi berkat kandungan vitamin C yang ada pada air jeruk nipis.

Sebuah penelitian menunjukkan, bahwa mereka yang mengonsumsi vitamin C dalam jumlah sedikit, berisiko menderita arthritis sebanyak tiga kali lebih besar ketimbang orang mendapatkan asupan vitamin C secara optimal.

Berikan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *