Ingin Bahagia? Kenali Jenis Hormon Berikut

oleh -2 views

Medan.top – Salah satu fungsi hormon adalah membantu mengatur mood. Beberapa jenis hormon dapat meningkatkan perasaan positif, seperti kebahagiaan dan kepuasan. Hormon-hormon tersebut disebut hormon bahagia.

 

Untuk diketahui, hormon adalah zat kimia yang diproduksi oleh kelenjar yang berbeda-beda di dalam tubuh. Untuk diketahui, hormon mengalir lewat pembuluh darah, hingga berfungsi sebagai pembawa pesan dan terlibat dalam banyak proses yang terjadi di dalam tubuh.

 

Kemudian, apa saja yang termasuk jenis hormon bahagia:

 

  1. Dopamin: hormon yang penting dalam fungsi otak. Dopamin dapat mengatur sensasi kepuasan, serta terlibat dalam fungsi belajar, memori, dan sistem motorik otak.
  2. Serotonin: hormon yang membantu mengatur mood, tidur, nafsu makan, pencernaan, kemampuan belajar, serta memori.
  3. Oksitosin: seringkali disebut ‘hormon cinta’, oksitosin berperan penting dalam proses melahirkan, menyusui, serta bonding antara orang tua dan anak. Sehingga hormon ini juga membantu meningkatkan kepercayaan, empati, ikatan dalam berhubungan. Kemudian, kadar oksitosin meningkat saat terjadi aktivitas fisik seperti ciuman, berpelukan, dan seks.
  4. Endorfin: hormon ini berperan sebagai pereda rasa sakit alami. Tubuh memproduksi endorfin sebagai respon terhadap stres atau ketidaknyamanan. Kadar endorfin juga meningkat saat kita melakukan aktivitas yang menghasilkan penghargaan, seperti makan, olahraga, atau berhubungan seks.

 

Lantas apa saja cara meningkatkan hormon bahagia (endorfin dan serotonin)? Coba beberapa langkah ini:

Keluar Rumah

Kamu hanya perlu keluar rumah menikmati paparan sinar matahari pagi selama 10-15 menit. Menurut penelitian yang dilakukan pada 2008, paparan terhadap sinar matahari dapat meningkatkan produksi serotonin dan endorfin.

Olahraga

Olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, namun juga baik untuk kesehatan psikologis dan emosional. Kegiatan olahraga atau aktivitas fisik rutin bisa meningkatkan kadar dopamin dan serotonin.

Tertawa

Tertawa mungkin tidak akan bisa menyembuhkan suatu penyakit. Namun, tertawa dapat meredakan kecemasan atau stres, serta meningkatkan mood dengan cara meningkatkan kadar dopamin dan endorfin. Tertawa termasuk cara meningkatkan mood yang mudah dilakukan. Kamu hanya perlu nonton video lucu atau berbincang santai dengan teman, atau melakukan hal lainnya.

Memasak Makanan yang Disukai bersama Orang Terdekat

Memasak merupakan cara meningkatkan mood yang bisa meningkatkan kadar semua jenis hormon bahagia. Mengonsumsi makanan yang disukai bisa memicu produksi dopamin dan endorfin. Berbagi makanan tersebut dengan orang terdekat yang disayangi dapat meningkatkan kadar oksitosin.

 

Redaksi

Berikan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *